banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

2 Cara Mudah Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

  • Bagikan
Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word
banner 468x60

BeriTanda.ID – Pada saat kita membuat tulisan seperti makalah, proposal atau skripsi tentu akan semakin terlihat menarik apabila ditambah dengan penomoran halaman. Apalagi jika kamu bisa membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word tanpa harus memisahkan file kamu satu persatu.

Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang bagaimana cara membuat nomor halaman di Microsoft Word. Bahwa penomoran halaman ada beberapa jenis, yakni seperti angka romawi (I, ii, iii, iv, dst.) atau angka biasa (1, 2, 3, 4, dst.).

banner 336x280

Nah, sesuai dalam bentuk sebuah karya ilmiah tentu pada bagian pembuka seperti kata pengantar hingga daftar isi pasti menggunakan angka romawi. Begitu pula sebaliknya pada halaman isi pasti menggunakan angka. Tentu akan semakin terlihat menarik jika dengan penomoran yang berbeda namun tetap dalam satu dokumen.

Akan tetapi tidak semua orang bisa membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word. Akhirnya banyak pengguna Microsoft Word lebih memilih untuk membuat lembar kerja baru agar mempermudah dalam menomorinya. Padahal ada cara tersendiri untuk memberikan nomor halaman yang berbeda pada setiap halaman.

Berikut ini adalah cara untuk membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word, di sini BeriTanda.ID menggunakan Microsoft Word 2019, tapi kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa menggunakan tutorial ini dengan Word versi berapapun.

Ulasan ini juga merupakan salah satu dari rangkaian tutorial lengkap tentang Microsoft Office Word loh. Untuk kamu yang ingin lebih banyak tahu bagaimana bekerja dengan Microsoft Word kamu bisa langsung cek link dibawah ini.

Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word

 

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Seperti contoh pada gambar, nomor halaman yang telah diberi lingkaran merah berubah dari “i” menjadi “1”. Biasanya pengaturan seperti ini bisa kita gunakan untuk memisahkan bagian daftar isi dengan dimulainya BAB 1.

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuatnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buat penomoran halaman seperti pada tutorial sebelumnya dengan menggunakan tab menu insert dan menu Page Number.
    Baca Juga: Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word 2019 Dengan Mudah
  2. Kemudian klik Close Header and Footer, atau dapat dengan klik dua kali pada lembar kerja. Maka saat ini kamu berada pada tab Home.
  3. Pilih tab menu Layout, pada grup Page Setup klik Break kemudian lanjut klik Next Page. Maka kamu akan beralih pada halaman berikutnya (halaman yang akan kamu ubah formatnya).
    Mengubah Nomor Halaman di Microsoft Word (Next Page)
  4. Setelah berpindah pada halaman berikutnya, selanjutnya klik dua kali pada nomor halaman untuk membuka tab menu Header and Footer. Kemudian hilangkan tanda pada Link to Previous.
    membuat nomor halaman berbeda d microsoft word (Link to Prvious)
  5. Kemudian masih dalam posisi nomor halaman yang ingin di ubah formatnya. Selanjutnya ubah format nomor halaman seperti biasa. Klik Page Number kemudian klik lagi pada Format Page Number …
    membuat nomor halaman berbeda di microsoft word (Format Page Number)
  6. Selanjutnya ubah format nomor halaman sesuai dengan kebutuhan kamu.
    Page Number Format– Number Format: untuk mengubah sesuai kebutuhan, misal format i, ii, iii atau 1, 2, 3.
    – Start at: untuk memulai penomoran pada halaman dokumen kamu.

Nah, sekarang kamu sudah bisa membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word.

 

Cara Membuat Letak Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Mengubah letak nomor halaman di Microsoft Word

Setelah selesai membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word maka kurang lengkap jika kita tidak mengubah peletakan halaman sesuai dengan pedoman karya ilmiah. Maka, seperti lingkaran merah pada gambar diatas, kali ini kita akan coba untuk membuat letak nomor halaman berbeda di Microsoft Word.

Caranya hampir sama dengan cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word hanya saja setelah pada poin ketiga pada tutorial di atas yakni setelah klik Next Page maka kita hanya perlu mengatur satu persatu pada bagian header atau footer halaman.

Nah setelah pada poin ketiga, maka silahkan lanjutkan tutorial dibawah ini untuk dapat mengubah letak nomor halaman di Microsoft Word.

  1. Pertama, anggap kita sudah klik Next Page dan beralih pada halaman berikutnya. Kita akan mencoba mengubah tata letak nomor halaman menjadi ke tengah sekaligus merubah menjadi angka.
  2. Maka selanjutnya pastikan kamu pada settingan footer (bagian bawah halaman), lalu klik Link to Previous kemudian masuk pada tab menu Home, lalu lanjut klik rata tengah. Sekarang kamu sudah dapat letak nomor halaman di posisi tengah bawah.
    membuat letak nomor halaman berbeda
  3. Selanjutnya ubah penomoran sesuai dengan kebutuhan dengan cara atur pada Format Page Number, yakni ubah menjadi format angka.

Sekarang kamu sudah memiliki nomor halaman yang berbeda dan letak halaman menjadi pada posisi tengah. Selanjutnya kita akan membuat letak nomor halaman berikutnya menjadi terletak pada bagian kanan atas.

  1. Lakukan hal yang sama seperti langkah-langkah sebelumnya, hingga pada langkah Next Page.
  2. Selanjutnya, klik dua kali pada bagian footer lalu klik Link to Previous, kemudian hapus nomor halaman pada bagian bawah. Dengan cara blok nomor halaman kemudian klik delete.
    membuat letak nomor halaman berbeda
  3. Setelah itu pindah pada pengaturan bagian atas (header), lalu klik juga pada Link to Previous, kemudian tambahkan nomor halaman sesuai dengan keinginanmu (contoh letak kanan atas).
    Header Page Number
  4. Selanjutnya, atur Format page number pada nomor halaman tersebut agar sesuai.
    membuat letak nomor halaman berbeda di microsoft word
    – Pilih Continue from previous section agar nomor halaman kamu melanjutkan hitungan dari nomor halaman sebelumnya.

Oke, sekarang tata letak nomor halaman kamu sudah berhasil di eksekusi.

 

Akhir Kata …

Nah, itu dia dua cara menarik untuk mengatur nomor halaman pada dokumen word kamu. Dengan artikel ini setidaknya kamu bisa membuat nomor halaman berbeda di Microsoft Word.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Artikel ini adalah artikel pertama dari rangkaian Tutorial Lengkap Cara Menggunakan Microsoft Office Word.

Sebelumnya: Cara Membuat Nomor Halaman Di Microsoft Word 2019 Dengan Mudah

Selanjutnya: 2 Cara Mudah Mengetahui Jumlah Kata di Microsoft Word

Sumber:
– https://tirto.id/ (di akses pada 12/09/2021)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.