6 Cara Menghemat Kuota Internet di Android Mudah dan Ampuh

Menghemat Kuota Internet di Android – Di jaman yang serba teknologi ini, kebutuhan akan koneksi maupun kuota internet merupakan sebuah kewajiban. Tak jarang dari kita tanpa kuota internet terasa aktivitas sehari-hari akan terasa membosankan.

Sayangnya, pemakaian kuota internet yang kita lakukan saat ini berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan oleh provider. Pasalnya semakin cepat koneksi internet yang kita dapat, maka akan semakin mahal pula harga kuota yang ditawarkan. Tentunya jika kita tidak mengetahui cara menghemat kuota internet di android akan membuat pengeluaran kamu jadi semakin membengkak.

Bahkan, untuk saat ini tak jarang juga provider yang menawarkan kuota murah dengan kecepatan pas-pasan masih saja mengalami kebobolan kuota. Padahal penggunaannya termasuk jarang, hanya melakukan browsing seadanya dan mengaktifkan beberapa aplikasi saja.

Nah, untuk itu pada ulasan berikut ini kita akan mengulas tentang bagaimana cara menghemat kuota internet di Android. Tentunya mudah dan tepat untuk dilakukan buat kamu yang ingin menghemat kuota internet.

 

Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Pada dasarnya borosnya kuota yang kita gunakan dapat terjadi karena beberapa sebab. Nah, setidaknya berikut ini adalah sebab-sebab yang sering banget membuat android kamu jadi boros kuota:

  • Opsi Sinkronisasi Menyala,
  • Menghidupkan Auto Update Aplikasi pada Play Store,
  • Tidak menggunakan batasan pengguna paket data,
  • Banyak aplikasi yang berjalan di background

Nah, setidak nya keempat faktor diatas yang paling sering membuat kuota internet di android jadi boros. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kuota internet di Android.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet Pada Android

 

1. Menggunakan Fitur Chrome Data Saver

Buat kamu yang suka browsing atau membaca berita serta artikel di internet? Langkah yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kuota internet di android saat browsing adalah dengan menggunakan Chrome Data Saver. Fitur Data Saver pada Chrome ini terbukti cukup ampuh untuk menghemat kuota.

Dengan kamu mengaktifkan Data Saver pada Chrome, maka pada saat browsing Chrome akan secara otomatis memperkecil penggunaan kuota internet. Jadi, sebelum kamu mengaktifkannya silahkan download terlebih dahulu aplikasi Chrome Browser ini.

Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke menu Setting (pada Chrome) > Data Saver > ON. Tahukah kamu fitur ini mampu menghemat kuota internet kamu sampai 50% saat kamu browsing dengan Android kamu.

 

2. Mematikan Opsi Sinkronisasi

Mengaktifkan sinkronisasi akun pada akun-akun kamu memang akan sangat membantu saat ingin memindahkan akun pada perangkat baru. Tapi, opsi sinkronisasi ini sebenarnya juga cukup menguras kuota internet kamu. Maka dari itu, pastikan akun-akun yang ingin kamu sinkronkan benar-benar kamu gunakan.

Untuk melihat Akun yang tersinkron, kamu bisa masuk ke menu Setting > Akun. Kemudian pilih akun mana yang ingin kamu matikan atau kamu hidupkan. Selain dengan mengaktifkan opsi sinkronisasi ini, kamu bisa melakukan sinkronisasi secara berkala pada saat kuota internet sedang melimpah.

 

3. Batasi Penggunaan Data

Fitur batasi penggunaan data sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, masih cukup jarang pengguna android yang memanfaatkan fitur ini. Padahal fitur batasi Data Usage Warning ini salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghemat kuota internet di android kamu.

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk memberikan peringatan saat pemakaian data kamu sudah melebihi batas. Untuk menggunakannya kamu bisa masuk pada menu Setting > Data Usage > Cellular Data > Set Cellular Data Limit.

Meskipun tidak menghemat kuota internet kamu secara langsung, setidaknya pada saat ada peringatan kuota mencapai batas kamu akan sedikit mengurangi penggunaan data tersebut.

 

4. Restrict Background Data

Cara menghemat kuota internet di android selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan membatasi penggunaan data di background (Restrict Background Data). Dengan mematikan beberapa aplikasi agar tidak menggunakan data saat tidak digunakan, jadi aplikasi tersebut tidak akan memakan kuota sembarangan.

Cara mengaturnya sendiri ada beberapa macam dan bergantung pada Android yang kamu gunakan. Ada yang dapat diatur melalui manajer aplikasi, ada juga yang dapat langsung diatur secara otomatis pada menu penggunaan data pada Setting.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa saat mengaktifkan fitur ini beberapa aplikasi tidak dapat berjalan normal. Seperti terlambat memberikan notifikasi.

 

5. Uninstall Aplikasi Boros Kuota

Cara menghemat kuota internet di android yang cukup ampuh adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang dirasa boros kuota. Seperti yang kita tahu, terkadang banyak aplikasi-aplikasi yang kita install ternyata memakan kuota internet.

Apabila aplikasi tersebut tidak begitu digunakan alangkah baiknya untuk di install agar tidak semakin memakan kuota internet kamu.

 

6. Membatasi Update Aplikasi

Fitur update aplikasi secara otomatis memang cukup membantu agar aplikasi yang di install selalu terupdate. Namun, sadarkah kamu bahwa pada saat update aplikasi di Google Play Store akan memakan kuota yang cukup besar. Hal ini tentu saja akan membuat kuota internet kamu semakin boros.

Maka dari itu, langkah tepat yang dapat kamu lakukan adalah mematikan pengaturan auto update ini. Atau dapat kamu alihkan menjadi auto update saat terhubung pada jaringan WiFi.

Ukuran update aplikasi memang cukup beragam. Ada yang hanya membutuhkan kuota internet kecil, namun ada juga yang sampai ratusan MB. Maka dari itu pastikan untuk mematikan auto update ini agar kamu dapat menghemat kuota internet di android.

 

Akhir Kata …

Langkah-langkah diatas dapat kamu terapkan untuk menghemat kuota internet di android. Dengan begitu setidaknya kamu juga mengurangi pengeluaran untuk membeli kuota internet.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 791 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.