banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

5 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android

  • Bagikan
Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android
banner 468x60

Mengatasi Baterai Cepat Habis – Baterai merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah perangkat smartphone. Baterai ini sendiri bisa diibaratkan sebagai nyawa dari smartphone, di mana ia tidak akan bisa dihidupkan tanpa adanya bantuan daya dari baterai. Karena itulah, jika baterai HP mengalami error maka yang terjadi adalah HP tidak akan berfungsi normal, bahkan tidak bisa dihidupkan.

Berbicara mengenai baterai HP, pada kondisi tertentu daya yang dimilikinya cepat sekali habis. Bahkan berkurangnya daya pada baterai ini terjadi secara tidak wajar. Hanya digunakan beberapa menit saja daya baterai sudah banyak berkurang. Adakah cara untuk mengatasi baterai cepat habis di HP android tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan Anda simak ulasan di bawah ini sampai selesai. 

banner 336x280

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Tiba-tiba Mati yang Paling Ampuh 2021

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis di Android

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi baterai cepat habis pada HP ANdroid. Cara ini bahkan sangat mudah diterapkan, khususnya untuk kalian yang masih awam dalam hal ini. Adapun beberapa cara mengatasi baterai cepat habis di smartphone android selengkapnya, sebagai berikut:

 

1. Menghentikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa jenis aplikasi seperti aplikasi Chatting, browser, atau yang lainnya biasanya akan tetap berjalan di background. Hal ini tentu akan menyumbang cukup banyak dalam hal pengonsumsian daya baterai. Untuk itu, sebaiknya Anda hentikan aplikasi tersebut agar tidak berjalan di latar belakang. 

Untuk menghentikannya, sebaiknya Anda close secara sempurna saat aplikasi sudah digunakan. Agar semakin maksimal, Anda hentikan aplikasi melalui Pengaturan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama Anda buka menu Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke opsi Manajemen Aplikasi.
  • Pilih Semua Aplikasi, kemudian cari dan pilih aplikasi yang ingin dihentikan dari latar belakang.
  • Selanjutnya Anda klik tombol Paksa Berhenti.

Selain cara manual di atas, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk mencegah aplikasi terus berjalan di latar belakang. Misalnya saja menggunakan Avast Cleaner, CCleaner, atau yang lain sebagainya.

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Dibandingkan menghentikan aplikasi di latar belakang, cara ini diklaim lebih efektif untuk menghemat daya baterai. Sebaiknya Anda lakukan uninstal atau penghapusan pada aplikasi yang tidak digunakan. 

Terlebih Anda hapus saja aplikasi yang sering berjalan di latar belakang. Ciri-cirinya aplikasi tersebut sering memunculkan notifikasi di HP, padahal Anda sedang tidak menggunakannya. Menghapus beberapa aplikasi sangatlah direkomendasikan apabila spesifikasi ponsel Anda minim.

 

3. Menggunakan HP Secara Normal

Alternatif lainnya untuk mengatasi baterai cepat habis yakni dengan mengoperasikan HP sewajarnya saja. Terlalu memforsir HP, tentu akan membuat suhu panasnya meningkat. Suhu panas yang berlebih ini akan berpengaruh pada konsumsi daya baterai yang semakin cepat. 

Selain itu, jangan pernah juga memainkan HP dalam kondisi sedang dicas atau dicharging. Ini akan berdampak pada kesehatan baterai, dan jika dibiarkan akan membuatnya tidak normal sehingga dayanya cepat habis. 

Kondisi paling parahnya lagi baterai mengalami kebocoran sehingga tidak bisa menyimpan daya dengan baik. Salah satu contoh pemakaian hp android tidak normal adalah menggunakannya bermain game online dalam keadaan dicharge. 

Padahal, bermain game online membutuhkan kinerja berat. Mulai dari mengelola grafis dalam game, sampai mencari sinyal supaya permainan berjalan lancar. Jika ingin baterai hp lebih berumur panjang, sebisa mungkin hindari kebiasaan seperti ini. 

4. Pengaturan Layar yang Benar

Layar menjadi penyumbang terbesar dalam hal konsumsi daya baterai. Karena itulah, Anda perlu melakukan pengaturan yang tepat pada layar agar daya baterai tidak terkuras dengan cepat.

Mulai dari mengatur kecerahan layar, meminimalkan widget yang digunakan di Home, menggunakan wallpaper flat dan sederhana, kurangi animasi pada layar, dan lain sebagainya.

5. Atur Konektivitas HP

Selain itu, Anda juga perlu melakukan beberapa pengaturan pada sistem konektivitas pada HP. Anda bisa mematikan fitur GPS dan Bluetooth agar daya baterai lebih awet. Selain itu, pastikan didaerahmu memiliki sinyal jaringan seluler yang kuat. Jika memang tidak, maka Anda bisa memilih sinyal jaringan yang paling kuat, misalnya jaringan 3G atau 2G. 

 

Akhir Kata …

Itu tadi beberapa cara mengatasi baterai cepat habis di android yang bisa Anda terapkan sendiri.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.