Aplikasi Absensi Karyawan Yang Unggul Dengan Fitur Terbaik

Aplikasi absensi online karyawan memang banyak, tapi yang unggul tidak banyak. Sebab, apa yang ditawarkan pada aplikasi absensi harus dapat mendukung kinerja karyawan jadi lebih baik lagi. Namun, untuk mendapatkan kinerja karyawan yang baik perlu pengelolaan optimal dari perusahaan.

Inilah kenapa pemilihan aplikasi absensi karyawan harus didukung fitur-fitur terbaik. Tujuan sudah pasti untuk memberikan kemudahan, baik untuk karyawan maupun perusahaan.

Pada dasarnya aplikasi ini membantu perusahaan dalam melakukan pencatatan kehadiran secara online dan otomatis dengan bantuan program yang sudah terinstall di masing-masing ponsel karyawan.


Fitur-Fitur Terbaik yang Harus Ada Dalam Aplikasi Absensi

LinovHR

Apa saja sih fitur-fitur yang harus ada dalam aplikasi absensi?

Pada dasarnya sejumlah fitur yang tersedia pada aplikasi absensi mampu memberikan kemudahan kinerja perusahaan dalam mengelola karyawan, baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Adanya aplikasi ini membuat alur kerja lebih terjaga karena urusan penjadwalan dan perizinan tertata dengan rapi. Tidak hanya itu, dari sisi administrasinya pun dapat memanfaatkan aplikasinya untuk pedoman penilaian kinerja karyawan.

Berikut ini merupakan fitur-fitur wajib yang Anda bisa checklist ketika ingin memilih aplikasi absensi online.


Kemudahan Waktu Absensi

Aplikasi absensi online Android atau smartphone tentu saja harus mendukung karyawan dalam proses absen dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan pekerjaannya. Penggunaan aplikasi ini sangat cocok diimplementasikan pada perusahaan yang menerapkan kebijakan kerja fleksibel.

Adanya aplikasi ini dapat menghemat waktu karyawan karena tidak harus datang ke kantor dan menginformasikan kepada HR jika harus mengadakan rapat di luar. Selama smartphone terhubung dengan koneksi internet, maka absensi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.


Monitor Posisi Kerja Karyawan Secara Akurat

Ketika karyawan melakukan absensi melalui aplikasi, sistem harus dapat melacak dan mengetahui posisi kerja karyawan bersangkutan secara akurat. Fungsi dari fitur ini sebagai konfirmasi pada saat karyawan melakukan pekerjaannya di luar kantor.

Aplikasi yang unggul biasanya dilengkapi dengan geotagging untuk merekam absensi karyawan secara otomatis. Adanya fitur ini kemungkinan karyawan melakukan pemalsuan lokasi dapat dihindari karena informasi detail dari posisi karyawan bekerja dapat diakses perusahaan secara real time.


Aplikasi Absensi Face Recognition (Identifikasi Wajah)

Aplikasi absensi dilakukan dengan cara selfie atau swafoto pada masing-masing ponsel karyawan. Tujuannya agar perusahaan dapat memastikan bahwa absensi dilakukan oleh karyawan yang bersangkutan karena sistem pada aplikasi akan mengidentifikasi wajah karyawan yang telah didaftarkan perusahaan sesuai namanya.


Informasi Rekomendasi Jam Kerja

Aplikasi absensi online seharusnya dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi jam absen masuk kantor dan jam absen pulang sehingga karyawan bisa datang dan pulang kantor tepat waktu.

Hal ini tentunya berguna bagi karyawan karena dapat menghindari tuntutan jam lembur meskipun perusahaan tidak merekomendasikan karyawan untuk lembur. Dengan begitu, karyawan menjadi tenang karena terhindar dari pemotongan gaji apabila lupa absen.


Kemudahan Mengatur Jadwal Kerja Shift dan Harian

Sebuah aplikasi absensi online hendaknya didukung fitur yang memudahkan admin HR mengatur jadwal kerja harian dan shift. Adanya fitur ini membantu perusahaan dalam membuat jadwal shift masing-masing karyawan dalam satu departemen.


Penyimpanan dan Pengolahan Data Karyawan

Pada dasbor aplikasi absensi wajib terdapat fitur satu ini. Tujuannya agar memudahkan perusahaan ketika ingin mengumpulkan data pribadi dan dokumen karyawan dalam satu wadah. Dari database karyawan ini, nantinya perusahaan akan dengan mudah menemukan dan mengorganisir data yang dibutuhkan.


Perhitungan Gaji Sesuai Data Valid

Aplikasi yang terintegrasi Human Resource Information System (HRIS) tidak hanya mendukung dalam hal absensi online saja, melainkan mampu memudahkan proses perhitungan gaji karyawan secara otomatis. Sebab, absensi karyawan juga berpengaruh terhadap besar kecilnya nominal gaji yang diterima karyawan setiap bulannya, mulai dari ketidakhadiran, keterlambatan, cuti, dan komponen lainnya.

Oleh karena itu diperlukan data-data absensi yang akurat agar proses penghitungan gajinya tepat. Adanya dukungan dari fitur perhitungan gaji, HR tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu soal penggajian dan karyawan akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan jam kerjanya.

Untuk masalah perhitungan gaji, tentunya Anda bisa percayakan kepada salah satu software payroll Indonesia terbaik dari LinovHR. Fitur inovatif yang ditawarkan LinovHR tentu sangat memudahkan manajemen khususnya HRD dalam mengelola absensi dan juga penghitungan gaji secara maksimal dan pastinya akurat. Tak hanya itu, apa saja yang jadi komponen penghitungan gaji karyawan dapat dikelompokkan dengan mudah.

Dilihat 489 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.