banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

4 Tips Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris

  • Bagikan
Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris
Layar Android Bergaris
banner 468x60
BeriTanda.ID – Pernahkah kamu mengalami layar Hp bergaris? Pasti itu akan terasa mengganggu dan ingn segera mengatasi layar hp bergaris tersebut. Tidak hanya layar bergaris, masih banyak masalah-masalah pada Android yang mengganggu seperti layar berkedip, layar goyang sampai layar blank (hitam).Banyak yang menjadi penyebab rusaknya atau error pada layar yang memuat layar tampak bergaris. Bisa itu karena bug pada sistem operasi atau kerusakan pada layar.

Nah, sebelum lebih jauh ke topik cara mengatasi layar hp bergaris alangkah lebih baiknya kita cari tahu dulu penyebabnya. Agar nantinya kita memilih keputusan yang tepat untuk mengatasinya.

banner 336x280

 

Penyebab Layar Hp Bergaris

1. Bug pada Sistem Operasi Smartphone

Jika kamu merasa sudah merawat hp kamu dengan benar namun masih mengalami layar bergaris. Ada kemungkinan penyebabnya terdapat bug atau error pada sistem operasi smartphne kamu. Terlebih jika kamu sudah pernah melakukan root pada Android kamu.

 

2. Smartphone Terjatuh

Salah satu penyebab yang paling sering membuat hp kamu bergaris adalah akibat terjatuh. Hal ini terjadi akibat adanya benturan pada layar hingga mengakibatkan komponen pada layar rusak.

 

3. Smartphone Masuk Air

Sebelum layar bergaris Hp kamu terkena hujan atau air? Hp yang terkena air terutama dengan kandungan kadar asam yang tinggi seperti air hujan dapat menyebabkan hp Android kamu rusak. Terutama kerusakan pada LCD smartphone kamu.

 

4. Kerusakan Pada Socket LCD

Socket layar longgar, tidap pas atau mengalami kerusakan dapat menyebabkan layar hp kamu brgaris. Jadi jika kamu pernah mengganti LCD sebelumnya pastikan sudah melakukan pemasangan dengan benar.

 

Mengatasi Layar Hp Bergaris

Setelah kita tahu penyebab dari LCD yang bergaris, sekarang kita dapat memilih solusi yang tepat untuk mengatasinya. Salah satu sousi terbaik untuk mengatasi layar hp bergaris adalah dengan mngganti LCD yang baru.

Namun, buat kamu yang masih penasaran dengan solusi lainnya, lanjutkan dengan solusi-solusi singkat berikut ini.

 

1. Menggunakan Aplikasi LCD Fixer

Solusi pertama yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi layar hp bergaris adalah dengan menginstall aplikas LCD Fixer. Dengan aplikasi ini mampu memuat LCD kembali seperti semula. Aplikasi ini bekerja dengan menari pixel layar yang rusak dan kemudian menghilangkannya.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store. Silahkan kamu instal sendiri atau kamu bisa klik link beriikut.

Dead Pixels Test and Fix

Namun, aplikasi ini tidak 100 persen akurat, jika yang bermasalah adalah pada hardwere maka aplikasi LCD Fixer ini tidak akan cukup membantu.

 

2. Menggunakan Akses Developer

Cara kedua yang dapat kamu lakukan untuk dapat mengatasi layar hp bergaris adalah dengan menggungakan akses Developer.Namun, secara default akses developer atau opsi pengembang tidak ditampilkan pada pengaturan Android. Jadi untuk dapat mengaksesnya kamu perlu menampilkannya terebih dahulu.

Adapun cara untuk menampilkannya adalah:

  1. Masuk Pengaturan atau Setting pada Android kamu,
  2. Kemudian ketuk bagian Tentang Ponsel,
  3. Setelah kamu melihat daftar Tentang Ponsel, selanjutnya temukan Nomor Bentukan, lalu ketuk beberapa kali sampai muncul pesan Anda Telah Menjadi Pengembang,
  4. Jika sudah, kamu sudah dapat membuka Opsi Pengembang pada Android kamu,
  5. Terakhir kamu dapat mematikan fitur Tampilkan Penunjuk pada Opsi Pengembang untuk membant menghilangkan garis pada layar hp kamu.

 

3. Lakukan Hard Reset pada Android

Banyak beberapa masalah pada Android yang dapat diselesaikan dengan hard reset. Salah satunya adalah menghilangkan garis pada layar android kamu. Tapi sebelum mencoba dengan hard reset pastikan terlebih dahulu bahwa garis pada LCD muncul akibat kesalahan sistem.

Cara untuk memastikannya bisa dengan cara me restart Android kamu. Dan lihat pada saat booting apakah garis-garis tersbut muncula atau tidak. Jika tidak mucul maka kamu bisa mencoba dengan hard reset pada Android.

 

4. Mengganti Dengan LCD Baru

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan dan cukup di rekomendasikan adalah dengan mengganti LCD bari untuk mnghilangkan garis pada layar hp kamu. Memang layar LCD yang telah rusak sangat sulit untuk diatasi, maka dari itu kamu perlu untuk menggantinya dengan yang baru.

Silahkan melakukan service ringan pada Android kamu dengan mengganti LCD kamu agar masalah teratasi.

 

Akhir Kata …

Layar hp yang bergaris jelas terasa sangat menggangu, terutama saat kita membutuhkan penggunaan layar secara optimal seperti menonton video atau melakukan panggilan video dengan orang lain.

Lebih dari itu harga jual hp dengan layar bergaris juga menurun, oleh karena itu kita peerlu untuk memperbaikinya. Nah, itulah beberapa ulasan singkat mengenai cara mengatasi layar hp bergaris. Semoga bermanfaat.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan