Bosan Dengan Google? Berikut 7 Mesin Pencari Alternatif Yang Tak Kalah Keren

Mesin Pencari Alternatif – Buat kamu yang sering menjelajah dunia internet tentunya sudah tidak asing lagi dengan mesin pencari (search engine) Google. Di mana mesin pencari yang dibuat oleh Larry Page dan Sergey Brin ini sudah menjadi mesin pencari populer saat ini. Tapi tahukah kamu bahwa ada juga mesin pencari yang dapat kamu gunakan selain Google?

Salah satu keunggulan Google menjadi sangat popular adalah antar muka yang sangat user-friendly atau mudah digunakan. Karena hanya dengan memasukkan kata dalam kolom pencarian kamu sudah bisa mendapatkan banyak sumber informasi.

Tak hanya Google, banyak mesin pencari alternatif yang dapat menjadi tempat kamu mencari sesuatu di internet. Nah, berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang bisa kamu gunakan.

Baca Juga: Sejarah Mesin Pencari Google, Berawal dari Proyek Penelitian Mahasiswa

 

Mesin Pencari Alternatif

Banyak mesin pencari yang dapat kamu gunakan selain Google, seperti Bing mesin pencari besutan Microsoft, Ecosia buat kamu yang pecinta alam, DuckDuckGo yang ingin privasinya tetap aman, dan masih banyak yang lainnya.

1. Microsoft Bing

Mungkin buat kamu yang menggunakan Windows tidak asing dengan mesin pencari alternatif yang satu ini. Karena Microsoft Bing ini sudah otomatis terpasang pada Microsoft Edge atau Internet Explorer (Browser bawaan Windows). Salah satu keunikan Microsoft Bing, kamu bisa merubah tampilan antar-muka Bing dengan wallpaper yang kamu inginkan.

Meskipun mesin pencari besutan Microsoft, Bing juga terintegrasi dengan Google Lens atau Microphone. Sehingga menjadi Microsoft Bing dapat melakukan pencarian gambar dan suara dengan cukup akurat.

 

2. Yahoo! Search

Tak kalah populer dengan Google, Yahoo Search juga menawarkan antar muka yang sangat mudah digunakan. Buat kamu yang pernah membuat email dengan @yahoo.com tentunya setidaknya kamu cukup paham dengan mesin pencari yang satu ini.

Ditambah dengan fitur search assist yang membuat kamu semakin mudah melakukan pencarian. Yahoo juga dapat digunakan dengan berbagai bahasa, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi karena tidak memahami bahasa yang digunakan.

 

3. Yandex

Yandex adalah mesin pencari asal Rusia yang beroperasi sejak 1997 dan mengkhususkan dirinya dalam layanan yang berkaitan dengan Internet. Termasuk di dalamnya seperti pencari dan layanan informasi, eCommerce, iklan online, dan lain-lain.

Sama dengan mesin pencari yang lain, Yandex juga terus mengumpulkan data personal, kata kunci, maupun riwayat pencarian user. Hal ini dimaksudkan untuk menambah relevansi dari hasil pencarian. Jadi, cukup nyaman digunakan sebagai mesin pencari alternatif Google.

 

4. DuckDuckGo

Dengan mengusung tagline “Privacy, Simplified”, DuckDuckGo bisa menjadi mesin pencari alternatif buat kamu yang tidak mau dilacak. Sehingga mesin pencari ini akan melindungi privasi kamu, karena hasil pencarian yang terenkripsi jadi tidak perlu khawatir hasil pencarian kamu diketahui orang lain.

 

5. Ask.com

Tak jauh beda dengan mesin pencari lainnya, Ask.com juga digunakan untuk mencari informasi seperti mesin pencari pada umumnya. Cukup dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian. Maka, berbagai konten yang paling relevan akan dimunculkan oleh Ask.com. selain itu, akan terdapat dua hasil pencarian. Bisa berupa pertanyaan atau konten web.

 

6. Ecosia

Berbeda dengan mesin pencari lainnya, Ecosia menawarkan program reboisasi pada keuntungan yang dihasilkan dari Ecosia sendiri. Jadi, bisa dibilang jika kamu melakukan pencarian dengan Ecosia, maka kamu ikut membantu untuk pemberdayaan penanaman pohon untuk masyarakat di seluruh dunia.

Jadi, buat kamu yang menjujung tinggi tentang keindahan alam cukup recommended sebagai mesin pencari alternatif bukan?

 

7. Startpage Private Search

Dengan menjujung tinggi privasi, Startpage Private Search membuat pencarian kamu tidak terlacak dan di retas. Hal ini karena semua pencarian yang dilakukan melalui Start Private Search akan di enkripsi dengan SSL. Jadi cukup layak menjadi mesin pencari alternatif buat kamu yang juga menjunjung tinggi privasi.

 

Akhir Kata …

Nah, itulah tujuh mesin pencari alternatif yang bisa kamu gunakan selain Google. Dengan begitu mungkin ada yang tidak ditemukan pada pencarian Google bisa kamu cari dengan mesin pencari lain. Dan tentunya banyak pilihan juga buat kamu yang pencinta alam atau yang menjunjung privasi.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.273 kali

Satu pemikiran pada “Bosan Dengan Google? Berikut 7 Mesin Pencari Alternatif Yang Tak Kalah Keren”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.