banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

2 Cara Mengetahui Windows Asli atau Bajakan Terbaru

  • Bagikan
Cara Mengetahui Windows Asli atau Bajakan Terbaru
Cara Mengetahui Windows Asli atau Bajakan Terbaru
banner 468x60

BeriTanda.ID – Seberapa penting mengetahui Windows asli atau bajakan? Mungkin banyak dari kita yang nggak begitu peduli apakah Windows mereka asli atau bajakan. Tapi, keaslian sistem operasi kamu juga berpengaruh terhadap kinerja laptop atau komputer kamu kedepannya.

Salah satu alasan terpenting memggunakan Windows asli. Karena jika menggunakan software bajakan, maka kemungkinan besar kedepannya akan mengalami masalah pada update software berikutnya. Biasanya kamu akan di minta untuk memasukkan kembali kode produk dari aplikasi atau software tersebut.

banner 336x280

Sering terjadi pada mereka yang menggunakan Windows bajakan mengalami kegagalan update. Alhasil sistem operasi yang mereka gunakan mengalami banyak kendala. Seperti penurunan performa, aplikasi tidak dapat terbuka atau dapat membuat sistem error.

Baca Juga: 11 Tips Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet

Selain dari pada itu, biasanya Windows bajakan lama kelamaan akan ada sebagian fitur dari windows yang tidak dapat digunakan lagi. Hal ini tentunya bakal menghambat pekerjaan kita kedepannya. Terutama yang berhubungan dengan produk Microsoft, seperti Microsoft Office (Word, Power Point, Excel, dan lain-lain).

Oleh karena itu, kita perlu menggunakan Windows asli agar di kemudian hari tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Yang bahkan menghambat pekerjaan atau bahkan Windows tidak dapat digunakan lagi seperti sebelumnya.

Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi perlu kita ketahui keaslian dari Windows yang kita pakai saat ini. Untuk itu mari ikuti langkah berikut ini bagaimana cara mengetahui Windows asli atau bajakan.

 

Mengetahui Windows Asli atau Bajakan Menggunakan Commad Prompt

Cara pertama untuk mengetahui windows asli atau bajakan adalah menggunakan CMD atau Command Prompt. Cara ini cukup mudah tapi juga harus teliti. Karena dengan penggunaan Command Prompt ini juga akan beresiko apabila kamu memasukan kode yang asal-asalan.

Untuk lebih jelasnya mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan,
  2. Setelah terbuka aplikasi Run, ketik kata cmd kemudian klik Enter,
  3. Sekarang kamu sudah membuka aplikasi Command Prompt,
  4. Pada Command Prompt, selanjutnya ketik kata slmgr/xpr kemudian tekan Enter,
  5. Jika sudah, tunggu bebrapa saat maka akan mucul kotak kecil yang memberitahukan Windows kamu asli atau bukan.
  6. The machine is permanently activated.

Dengan munculnya kata seperti pada nomor 6 tersebut (The machine is permanently activated), dapat dipastikan jika windows yang kamu gunakan saat ini adalah Windows asli dan bukan bajakan. Cukup mudah bukan?

 

Mengetahui Windows Asli atau Bajakan Menggunakan File Explorer

Selain menggunakan Command Prompt, untuk mengetahui keaslian windows yang kita gunakan. kita juga bisa menggunakan aplikasi File Explorer untuk mengetahui windows asli atau bajakan. Cara kedua ini cukup mudah jika dibandingkan dengan cara menggunakan Command Prompt.

Kamu cukup masuk ke bagian Properties dan kamu sudah bisa mengetahui apakah Windows yang kamu pakai asli atau bajakan. Tidak prlu ketik-ketik segala seperti cara mengetahui kaslian windows dengan Command Prompt sebelumnya.

Untuk kamu yang belum tahu caranya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka File Explorer pada Windows yang ingin kamu ketahui keaslian Windowsnya,
  2. Setelah terbuka, selanjutnya pilih This PC, pada Windows 7 pilih Computer,
  3. Kemudian klik kanan lalu pilih Properties,
  4. Setelah terbuka akan muncul halaman informasi Windows dari laptop atau komputer yang kamu gunakan, disini juga menampilkan versi windows yang sedang kamu gunakan dan beberapa spesifikasi laptop atau komputer yang kamu gunakan
  5. Lihat pada bagian bawah pada bagian Windows Activation,
  6. Kamu akan menemukan keterangan windows kamu sudah aktif “Windows is activated”
  7. Dan juga muncul Product ID yang menunukan Windows siap untuk digunakan.

Jika kamu mnggunakan Windows bajakan, pada bagian Windows Activation tidak akan menampilkan Windows is activated. Selain itu juga tidak akan terdapat ID Produk serta tidak terdapat logo Genuine.

 

Akhir Kata …

Cukup mudah bukan untuk mngetahui Windows asli atau bajakan. Nah, itulah cara mengetahui windows asli atau bajakan. Apabila dari kamu ada yang memakai Windows bajakan, maka bersiap-siaplah jika menghadapi kendala di kemudian hari.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan