Fungsi Eject Pada Flashdisk, Apa Wajib Kita Lakukan?

Fungsi Eject Pada Flashdisk – Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Meskipun kehadiran flashdisk ini mulai disingkirkan akibat Cloud Storage, tapi tak jarang juga orang-orang masih menggunakan flashdisk. Karena selain praktis, perangkat satu ini tidak membutuhkan koneksi jaringan internet.

Berbicara masalah flashdisk, tentunya kamu pernah mengenal fitur Eject bukan? Pastinya kamu yang setia menggunakan flashdisk cukup familiar dengan istilah Eject. Lalu, apakah kamu tahu fungsi eject pada flashdisk yang sebenarnya? Apa resiko yang ditimbulkan jika kita sedang terburu-buru, kemudian mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu?

 

Apa Fungsi Eject Pada Flashdisk?

Baik itu eject maupun Safely Remove, keduanya sama-sama berfungsi untuk melepaskan perangkat yang terhubung pada USB dengan aman. Sehingga apabila kita melakukan Eject pada flashdisk akan mengurangi resiko data corrupt.

Menu Safely Remove sendiri dapat kamu akses melalui pojok kanan bawah pada layar windows, fungsi ini dinilai lebih aman. Karena pada saat melakukan Safely Remove maka semua proses baca tulis akan sepenuhnya dihentikan. Serta koneksi komputer pada flashdisk akan sepenuhnya terputus.

Sementara itu, pada menu Eject dapat menjadi pilihan apabila perangkat komputer kamu sedang terhubung pada banyak perangkat (multi port). Karena dengan menggunakan menu eject ini, kamu bisa memilih port mana yang ingin kamu hentikan koneksinya.

Baca Juga: Fungsi Refresh di Windows? Faktanya Tak Seindah Yang Dibayangkan

 

Perlukah Kita Melakukan Eject Pada Flashdisk?

Pada dasarnya, perlu tidaknya melakukan eject pada flashdisk tergantung pada proses apa yang sedang kita lakukan. Apabila sedang tidak mengubah atau menambahkan file pada flashdisk maka langkah Eject ini bisa kamu lewatkan. Namun, berbeda apabila kamu sedang melakukan perubahan pada flashdisk.

Misalkan kamu sedang melakukan editing pada dokumen yang tersimpan pada flashdisk. Maka, kamu perlu melakukan Eject pada Flashdisk terlebih dahulu sebelum mencabutnya. Kenapa demikian? Sebab, apabila kamu tidak melakukan eject besar kemungkinan data pada flashdisk akan mengalami corrupt atau kerusakan.

Jika kita jabarkan, setidaknya dengan melakukan Eject kamu dapat terhindar dari kondisi-kondisi yang tidak kamu inginkan. Seperti:

  1. File yang sedang kita rekam atau edit pada flashdisk tidak terjadi kerusakan atau corrupt;
  2. Mencegah kerusakan pada flashdisk, karena masih dalam kondisi terkoneksi. Meskipun kondisi seperti ini cukup jarang terjadi;
  3. Mencegah kerusakan pada Port USB, kasus seperti ini juga lebih jarang terjadi. Namun, jika kita tidak hati-hati tetap saja bisa terjadi.

Sama halnya pada saat kita melepaskan kartu memori (Kartu SD) pada saat kondisi HP sedang menyala. Kondisi ini sangatlah tidak disarankan, karena dikhawatirkan dapat merusak Kartu SD ataupun perangkat itu sendiri.

 

Fungsi Eject pada Flashdisk itu Hanya Mencegah

Flashdisk yang terkoneksi pada komputer pada dasarnya sedang menjalankan sebuah proses. Yakni proses read dan write. Maka dari itu, jika tidak melakukan eject terlebih dahulu sebelum mencabutnya ada kemungkinan perubahan-perubahan yang kamu lakukan pada flashdisk tidak terbaca. Kondisi ini biasa dapat menyebabkan perubahan yang kamu lakukan tidak tersimpan. Kemungkinan terburuknya adalah mengalami kerusakan pada file.

Tapi, bagi kamu pengguna Windows, setidaknya cukup patut disyukuri. Karena windows akan menggunakan cache pada flashdisk secara otomatis. Jadi, ada kemungkinan meskipun langsung mencabutnya file masih bisa tertinggal dan dapat kamu lakukan perubahan kembali.

Jadi, dapat kita ambil kesimpulan ketika kita mencabut flashdisk yang sedang tidak melakukan proses read dan write maka kamu bisa mencabutnya tanpa harus melakukan eject. Namun, untuk mencegah kemungkinan buruk cukup disarankan untuk melakukan eject sebelum melakukan mencabut flashdisk dari komputer.

 

Akhir Kata …

Pada intinya, lakukan kondisi terbaik agar data-data yang kamu simpan didalam flashdisk tidak mengalami kerusakan atau hilang. Karena percayalah bahwa windows tidak akan membuat sebuah fitur yang sama sekali tidak ada gunanya.

Nah, itulah saran-saran yang wajib kamu tahu tentang apa itu fungsi eject pada flashdisk dan seberapa bergunanya fitur windows satu ini untuk keamanan data pribadi kita. Jadi, selalu pastikan kamu melakukan eject sebelum mencabut flashdisk.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 1.394 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.