5 Kekurangan dan Kelebihan Windows Defender Sebagai Aplikasi Antivirus Terbaik

Kekurangan dan Kelebihan Windows Defender – Peran antivirus pada sistem operasi Windows sangatlah penting. Karena dengan adanya antivirus maka komputer atau laptop kamu dapat terjaga dari serangan virus maupun malware. Meskipun sebagian orang juga beranggapan aplikasi antivirus tidak terlalu dibutuhkan.

Padahal virus masih saja selalu menjadi persoalan umum perihal keamanan pada komputer atau perangkat lainnya. Tak jarang komputer yang terkena virus akan mengakibatkan komputer menjadi lambat, kehilangan data, atau kendala-kendala lainnya. Tentunya dengan adanya aplikasi antivirus pada komputer akan mencegah kejadian-kejadian akibat virus.

Buat kamu pengguna Windows tentunya sudah tidak asing lagi dengan Windows Defender. Aplikasi antivirus bawaan Windows yang cukup berguna dan bisa dikategorikan sebagai aplikasi antivirus terbaik loh.

Namun, apapun itu di mana ada kelebihan Windows Defender juga memiliki beberapa kekurangan. Nah, berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Windows Defender.

Baca Juga: 9 Tanda Laptop Kamu Terkena Virus

Kekurangan dan Kelebihan Windows Defender

Meskipun Windows Defender terbilang cukup ampuh dalam menangani virus, nyatanya aplikasi ini masih saja memiliki kekurangan. Maka tak jarang banyak pengguna Windows juga menambah keamanan komputer mereka dengan antivirus lainnya.

Kelebihan Windows Defender

1. Aktif dan Memberikan Peringatan

Sama seperti antivirus-antivirus yang lainnya, salah satu kelebihan Windows Defender yang paling disukai karena selalu aktif dari saat pertama kali dinyalakan. Sehingga akan selalu aktif dan memberi peringatan jika ada gerakan-gerakan virus yang mencurigakan.

Tak hana pada komputer, Windows Defender juga akan melakukan scan otomatis pada perangkat-perangkat eksternal seperti Flashdisk, Micro SD, atau perangkat serupa lainnya. Apabila ada ditemukannya virus pada perangkat eksternal tersebut mak secara otomatis Windows Defender akan memblokir virus atau bahkan akses perangkat tersebut.

Jadi, cukup berguna untuk menjaga keamanan komputer kamu dari serangan virus atau malware.

2. Cukup Optimal Memberantas Virus

Tak hanya selalu aktif menjaga perangkat komputer kamu dari serangan virus, kelebihan Windows Defender ini juga pada kualitas dalam membersihkan virus-virus komputer. Windows Defender dapat bekerja membersihkan virus dengan optimal. Virus-virus yang menginfeksi komputer kamu akan dikarantina.

Selain itu, Windows Defender hanya akan mengkarantinakan virus saja dan tidak menghapus data-data yang terinfeksi. Sehingga data-data yang kamu miliki akan tetap aman dan dapat digunakan. Hal ini menjadi kelebihan Windows Defender yang jarang dimiliki antivirus lainnya. Karena kebanyakan antivirus akan menghapus virus bersamaan dengan file yang terinfeksi.

3. Efektif Mengatasi Virus Berbahaya

Tak hanya membersihkan virus biasa, Windows defender juga sangat efektif dalam mengatasi virus-virus yang tergolong berbahaya. Apabila ada virus yang masuk kategori berbahaya maka Windows Defender akan otomatis menghapusnya. Kemudian akan melakukan restart komputer dan virus akan hilang ketika komputer menyala kembali.

Kekurangan Windows Defender

1. Belum Mampu Melakukan Pemeriksaan Secara Menyeluruh

Meskipun memiliki kelebihan yang cukup memuaskan, namun tetap saja Windows Defender memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimiliki Windows Defender adalah ketidak mampuan melakukan scanning secara menyeluruh. Meskipun memiliki fitur full scan, namun pemeriksaan kurang begitu teliti. Dan akan memakan waktu yang cukup lama.

Alasan Windows Defender Adalah Antivirus Terbaik

Tahukah kamu, dari sekian banyaknya aplikasi antivirus Windows Defender dapat dikategorikan sebagai aplikasi antivirus terbaik loh. Selain kelebihan Windows Defender dalam menjaga komputer dari serangan virus, alasan berikut ini dapat membuktikan bahwa Windows Defender adalah antivirus terbaik.

1. Dibuat Oleh Microsoft dan Terintegrasi Dengan Windows

Kamu tidak perlu khawatir dengan ketidak cocokkan program Windows Defender dengan Operasi Sistem Windows kamu. Karena Windows Defender adalah antivirus asli buatan Microsoft dan sudah terintegrasi dengan Windows. Kamu sudah dapat menggunakan Windows Defender sejak pertama kali menginstall Windows.

Karena dibuat oleh Microsoft maka keamanan laptop pun aan semakin terjamin. Ketimbang menggunakan aplikasi antivirus lain yang belum tentu cocok dengan komputer kamu.

2. Windows Defender Adalah Antivirus Gratis

Karena sudah terinstall otomatis saat memasang OS Windows, maka kamu sudah mendapatkan fitur penuh terhadap Windows Defender tanpa harus merogoh kocek lagi. Tidak seperti aplikasi antivirus lain yang mengharuskan kamu merogoh kocek lebih untuk menggunakan versi pro.

Namun, meskipun gratisan kelebihan Windows Defender tentu tak kalah hebat dengan antivirus-antivirus ber bayar lainnya.

3. Tergolong Aplikasi Antivirus Ringan

Karena sudah terintegrasi dengan Windows dan sama-sama dibuat oleh Microsoft tentu akan membuat Windows Defender dapat bekerja lebih optimal dan tidak membebani sistem. Karena sudah pasti baik itu frekuensi processor maupun RAM sudah di optimalkan oleh sistem Windows itu sendiri.

Dari pada menggunakan antivirus lain yang kurang jelas asal-usulnya, terkadang malah akan membebani sistem. Sehingga membuat performa laptop menjadi turun. Tentunya malah akan membuat kamu kerepotan.

4. Fitur Yang Ditawarkan Cukup Lengkap

Walaupun gratisan tapi bukan berarti fitur-fitur yang dimiliki juga gratisan. Ada banyak fitur yang dapat digunakan pada Windows Defender ini, misal seperti:

  1. Real Time Protection
  2. Cloud Delivered Protection
  3. Automatic Sample Submission
  4. Temper Protection
  5. Ransomware Protection

Dengan fitur yang lengkap tersebut tentunya semakin menambah komputer kamu dari serangan virus berbahaya.

5. Selalu Mendapatkan Update Resmi

Dengan Windows Defender kamu akan selalu mendapat update resmi dari Microsoft. Dengan begitu kamu tetap dapat menjaga performa Windows Defender dalam melindungi komputer kamu dari serangan virus dan malware berbahaya.

Akhir Kata …

Nah, itulah kekurangan dan kelebihan Windows Defender sebagai antivirus terbaik untuk melindungi komputer kamu dari serangan virus. Karena peran aplikasi antivirus ini cukup penting agar performa dan kondisi komputer tetap terjamin aman.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Sumber:
– https://www.indoworx.com (di akses pada 09/10/2021)

Dilihat 727 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.