Mengenal Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu VPN? VPN adalah sebuah layanan yang biasa digunakan untuk memberikan akses pada sebuah situs. Dimana data pengguna akan terenkripsi sehinggga dapat menjadi lebih aman dan privat. Pada awalnya VPN lebih sering digunakan oleh perusahaan untuk melindungi data yang sensitif.

Namun, dalam penggunaanya VPN semakin banyak digunakan untuk mengakses situs yang memiliki batasan. Seperti untuk mengakses situs yang di blokir (Internet Positif). Lalu, apa itu VPN sendiri? Bagaimana cara kerja dan manfaat dari VPN tersebut?

Nah, pada artikel berikut ini, kita akan mengulas secara ringkas penjelasan terkait apa itu VPN dan fungsinya beserta cara kerja yang perlu kamu ketahui. Berikut Ulasannya!

Apa Itu VPN?

VPN itu apa sih? VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang dapat memberikan anda akses ke situs secara aman dan pribadi. Dimana VPN dapat mengubah jalur koneksi melalui server sehingga dapat menyembunyikan pertukaran data yang terjadi.

VPN dapat meningkatkan keamanan kita saat mengakses situs di internet karena VPN bekerja untuk mengganti alamat IP (Internet Protocol) awal pengguna menjadi alamat IP lain yang telah disediakan oleh layanan VPN tersebut. Sehingga dengan menggunakan VPN akan membuat kamu seolah-olah berada di tempat lain.

Sederhananya, pada saat kita mengkses situs tanpa menggunakan VPN maka anda akan terdeteksi di negara Indonesia. Sedangkan saat mengkoneksikan layanan VPN pada smartphone, laptop, atau PC maka kita dapat seolah-olah sedang mengakses situs di luar Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja dari VPN itu sendiri.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Cara kerja VPN sendiri adalah dengan cara melakukan enkripsi saat pertukaran data. Bahkan saat kita menggunakan VPN enkripsi tersebut dapat terjadi sebelum terkoneksi dengan jaringan publik seperti WiFi pada warung kopi. Jadi, dapat kita bayangkan saat internet menggunakan koneksi VPN seperti mengakses sebuah situs dengan jalur khusus atau tidak menggunakan jaringan utamanya.

Dengan demikian maka server dari VPN tersebut akan meneruskan koneksi kita ke situs yang ingin kita akses. Sehingga koneksi akan dikenali sebagai jaringan VPN bukan jaringan yang sedang kita gunakan. Berbeda halnya dengan jaringan tanpa menggunakan VPN, maka koneksi pada situs akan terdeteksi langsung pada jaringan yang sedang kita gunakan.

Koneksi tanpa menggunakan VPN sebenarnya sudah menjadi standar yang kita gunakan dalam mengakses internet. Tanpa adanya enkripsi semua data pada saat proses pertukaran yang ada di internet mungkin saja dapat dilihat banyak orang. Tidak menjadi masalah mungkin jika data tersebut adalah data riwayat pencarian di Google atau semacamnya.

Namun, beda halnya jika data yang diproses berhubungan dengan data pribadi, email, kata sandi, perbankan online, atau hal yang lebih sensitif. Tentu saja kita juga perlu lebih berhati-hati agar data tersebut aman dari serangan hacker.

Sedangkan jika menggunakan VPN (aplikasi VPN), data yang dikirimkan akan dienkripsi oleh aplikasi tersebut. Artinya server VPN menjadi perangkat ketiga yang menghubungkan akses pada situs internet. Sehingga dapat menjaga privasi dan menambah keamanan saat melakukan pertukaran data.

Selain itu masih ada manfaat dan kegunaan VPN. Apa saja manfaat VPN?

Apa Manfaat VPN?

Ada beberapa kegunaan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan VPN, seperti melakukan remote access untuk mengizinkan kita saat mengakses internet menggunakan jaringan kantor, dimanapun selama terhubung dengan internet.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara kerja VPN adalah dengan mengubah IP. Maka meskipun kamu di luar negeri sekalipun, saat menggunakan VPN jaringan tetap dapat dikenali oleh internet sebagai jaringan kantor. Selain itu, masih ada yang perlu kamu ketahui mengenai manfaat dari VPN. Antara lain adalah sebagai berikut.

1. ByPass

Konten yang ada di internet tak selamanya dapat diakses dari mana saja. Terkadang ada pula situs-situs yang hanya dapat diakses pada negara tertentu saja. Bahkan terkadang terdapat juga situ-situs yang diblokir atau terdapat pembatasan akses karena berisi konten yang dilarang. Nah, dengan menggunakan VPN kamu dapat beralih ke server negara tertentu sehingga dapat kembali mengakses situs tersebut.

2. Menyamarkan Keberadaan

Server VPN bertindak sebagai proxy kamu di internet, sehingga data demografi yang berasal dari negara lain akan membuat lokasi tempat kamu berada sedikit sulit untuk ditemukan. Namun, terdapat pula penyedia layanan VPN merekam aktivitas kita. Tetapi informasi tersebut tidak akan terpublikasi ke sembarang pihak. Sehingga hal ini tetap membuat pengguna VPN merasa data mereka tersembunyi.

3. Data Dienkripsi

Saat mengakses pada sebuah situs maka pada saat itu kita sedang melakukan proses pertukaran data pada situs tersebut. Dengan menggunakan VPN data tersebut akan terenkripsi. Sehingga meskipun seseorang melihat informasi yang komputer kirimkan, data tersebut adalah data yang sudah terenkripsi, bukan data mentah saja.

4. Pengamanan Data di Jaringan Publik

Di saat semakin banyaknya warung kopi yang menyediakan layanan WiFi gratis, sejujurnya jaringan publik seperti ini sedikit rentan dari serangan hacker. Banyak ancaman cyber attack berbahaya yang perlu diwaspadai. Karena jaringan publik seperti di kafe, bar, dan layanan WiFi gratis cukup berbahaya. Maka dari itu penggunaan VPN dapat mengamankan data di jaringan publik tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan VPN

Selain dapat menyembunyikan informasi pribadi, VPN juga dapat digunakan untuk membatasi log aktivitas penelusuran oleh ISP atau pemerintah (buat yang suka cari konten-konten streaming film). Namun, di sisi lain VPN juga terdapat beberapa kekurangan seperti koneksi menjadi semakin lambat dan lain sebagainya.

Selengkapnya, berikut ini kekurangan dan kelebihan VPN.

Kelebihan VPN

Tentunya ada banyak kelebihan saat kamu menggunakn VPN (Virtual Private Network). Berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan VPN

  1. Kerahasiaan data lebih aman.
  2. Dapat mengakses situs-situs yang di blokir (internet positive).
  3. Identitas IP asli tidak mudah terlacak
  4. Dapat mengakses jaringan dari lokasi yang berbeda.
  5. Mengurangi gangguan koneksi.

Kekurangan VPN

Tak banyak kekurangan bagi kamu pengguna VPN. Berikut adalah beberapa kekurangan dari penggunaan VPN.

  1. VPN versi gratis membuat koneksi menjadi lebih lambat.
  2. VPN versi gratis membuat koneksi tidak stabil.
  3. VPB versi berbayar memiliki harga yang relative mahal.
  4. Ada batasan pengguna.

Akhir Kata …

VPN memang dapat membantu untuk mengamankan koneksi internet kamu dari serangan hacker. Namun, meskipun demikian setiap perangkat tentu masih ada kekurangan. Bahkan tak jarang jika salah dalam memilih layanan VPN data pribadi kita justru menjadi tidak aman.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Dilihat 461 kali

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.