banner 160x600
banner 160x600
banner 970x250

2 Langkah Mudah Menghapus Aplikasi Sampai ke Akarnya di Laptop

  • Bagikan
Cara Menghapus Aplikasi Sampai ke Akarnya di Laptop
Uninstalling
banner 468x60
BeriTanda.ID – Sama halnya dengan Smartphone Android, komputer atau laptop juga memiliki beragam aplikasi yang dapat kamu install. Sama seperti kita menggunakan aplikasi pada smartphone, jika sudah tidak digunakan tentunya kita akan menghapus aplikasi yang terpasang pada laptop kamu.Sebenarnya, proses uninstal atau menghapus aplikasi pada laptop cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja banyak dari aplikasi masih menyisakan file-file sampah. Hal ini jika dibiarkan maka akan dapat menurunkan performa pada komputer atau laptop kamu.

Oleh sebab itu, maka pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mengulas secara singkat tentang bagaimana cara untuk menghapus aplikasi atau software pada laptop sampai ke akarnya. Tentunya tanpa meninggalkan sisa-sisa dari aplikasi yang bakalan membuat laptop kamu lemot.

banner 336x280

 

Apakah Kamu Sudah Menghapus Aplikasi Dengan Benar?

Meskipun tergolong mudah, namun tidak jarang orang-orang masih bingung bagaimana cara menghapus aplikasi atau software. Bahkan, terkadang ada beberapa aplikasi yang lebih sulit menghapusnya ketimbang dengan pada saat menginstall.

Meskipun dapat menghapusnya dengan mudah, terkadang masih saja selalu menyisakan chace pada aplikasi.

Akibatnya, banyak pengguna yang membiarkan banyak aplikasi atau software tetap terinstall. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada performa komputer atau laptop kamu.

Baca Juga: Tips Mengatasi Laptop Agar Tidak Lelet

Menghapus aplikasi pada dasarnya dapat dilakukan melalui menu uninstall pada Control Panel. Namun, menghapus dengan cara ini, biasanya kurang optimal. Mengapa demikian?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika kita menghapus aplikasi melalui Control Panel biasanya file dari aplikasi tersebut tidak terhapus secara keseluruhan. Ada beberapa aplikasi yang masih menyisakan registry aplikasi. Apabila file ini dibiarkan, tentu dampaknya akan menurunkan performa laptop kamu. Ini biasa disebut sebagai junk files.

 

Bagaimana Cara Menghapus Bersih Aplikasi pada Laptop?

Untuk menghapus secara optimal dan tidak menyisakan file registry, kamu bisa menerapkan beberapa langkah-langkah berikut ini.

  • Setelah itu, maka pada layar monitor laptop atau komputer kamu akan memunculkan semua aplikasi yang telah terinstall pada laptop kamu.
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus. Pada tahap ini, kamu harus cukup berhati-hati dalam memilih software atau aplikasi yang ingin kamu hapus. Karena pada dasarnya, dalam daftar aplikasi ini juga terdapat aplikasi driver yang akan berpengaruh pada sistem operasi.
  • Setelah memilih aplikasi yang ingin kamu hapus, silahkan klik kanan pada aplikasi au klik Uninstall.
  • Selanjutnya, pada tahap ini kamu cukup mengikuti instruksi uninstall yang diminta oleh software tersebut.
  • Jika sudah selesai, berarti kamu sudah berhasil menghapus aplikasi tersebut.

Pada tahap ini, sebenarnya sudah cukup buat kamu yang tidak perlu repot-repot menghapus file registry-nya. Namun, jika ingin menghapusnya sampai ke akar-akar aplikasi tersebut, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Karena biasanya dengan kamu meninggalkan file registry dari aplikasi terkadang akan membuat lemot laptop kamu

  • Pada langkah ini, untuk meminimalisir resiko, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk menghapus file registry.
  • Silahkan kamu download dan install aplikasi CCleaner.
  • Jika sudah, buka CCleaner dan masuk pada bagian menu Registry pada bagian kiri jendela CCleaner.
  • Setelah masuk pada tab Registry, klik Scan for Issues yang terletak di pojok kanan bawah.
  • Maka CCleaner akan meng-scan file registry yang sudah tidak terpakai.
  • Setelah scanning selesai, selanjutnya klik Fix Selected Issues untuk menghapus file registry tersebut.
  • Klik Fix All Selected Issues, dan dengan begitu file registry tersebut akan terhapus.

Baca Juga: Tutorial Cara Membersihkan File Sampah di Laptop 

 

Akhir Kata …

Dengan kita uninstall aplikasi atau software yang ada pada laptop atau komputer sampai ke akar-akarnya, tentunya hal ini juga dapat merawat performa laptop kamu agar kedepannya tidak bermasalah.

Nah, itulah ulasan singkat tentang bagaimana cara menghapus aplikasi sampai ke akarnya di Laptop.
Cukup Sekian dan Semoga Bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.